Zoox dapatkan izin uji mobil nirawak di California

Zoox dapatkan izin uji mobil nirawak di California
Jakarta (ANTARA) – Perusahaan teknologi Zoox Inc menerima izin dari otoritas negara bagian California untuk menguji kendaraan self-driving (nirawak), tanpa pengemudi cadangan di dalam mobil. 

Dilansir Reuters, Sabtu, hal menandai kemenangan untuk Amazon Inc, yang mengakuisisi perusahaan rintisan tersebut pada bulan Juni.

Amazon sendiri telah secara agresif berekspansi ke teknologi mobil nirawak. Amazon juga berpartisipasi dalam putaran pendanaan sebesar 530 juta dolar AS dari Aurora Innovation Inc. awal tahun lalu.

Izin baru memungkinkan Zoox untuk menguji dua kendaraan otonom tanpa pengemudi di belakang kemudi di jalan-jalan tertentu di dekat markas besar Foster City, kata Departemen Kendaraan Bermotor negara bagian dalam sebuah pernyataan.

Zoox akan diizinkan untuk melakukan tes di jalan umum dalam area yang ditentukan di San Mateo County dekat kantor pusatnya di Foster City, California. Tes hanya diperbolehkan dalam kondisi cuaca cerah dan di jalanan dengan batas kecepatan 45 mil per jam.

Perusahaan lain yang sudah memegang izin termasuk Alphabet Inc’s Waymo, startup China AutoX dan Nuro Inc.

Sementara itu, Amazon setuju untuk membeli Zoox pada bulan Juni untuk mendukung ambisi raksasa e-commerce itu dalam pengiriman paket otomatis dan pemesanan kendaraan.

Baca juga: Amazon kabarnya keluarkan 1 miliar dolar beli Zoox

Baca juga: Amazon akuisi Zoox

Baca juga: Tesla-Zoox tuntaskan masalah hukum terkait dokumen rahasia

Baca:  Supir asyik nonton film, Tesla mode "autopilot" tabrak mobil polisi

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020