Volkswagen investasi Rp16,6 triliun di pabrik Slovakia

Volkswagen investasi Rp16,6 triliun di pabrik Slovakia
Jakarta (ANTARA) – Pimpinan VW Slovakia, Oliver Gruenberg mengatakan bahwa Volkswagen memiliki rencana untuk menginvestasikan dana sebesar 1 miliar euro (setara dengan Rp16.6 triliun) di pabrik Slovakia, termasuk 500 juta euro untuk biaya produksi model Passat dan Skoda Superb generasi berikutnya.

“Investasi yang digelontorkan oleh pembuat mobil asal Jerman, akan meliputi semua proyek di seluruh rentang model yang dibuat di pabrik Slovakia dan akan menciptakan 2.000 pekerjaan di tahun-tahun mendatang,” kata kepala personalia Sebastian Krapoth yang dikutip dari Reuters, Selasa.

Industri otomotif yang dipimpin oleh Volkswagen dan tiga pembuat mobil lainnya, adalah tulang punggung sektor manufaktur dan ekspor dari negara Slovakia.

Skoda telah mengumumkan beberapa waktu yang lalu bahwa produksi model kelas atas, Superb akan pindah ke Slovakia. The Superb dan Passat berbagi platform karena banyak bagian yang sama.

“Total investasi untuk Bratislava sedang direncanakan dalam kisaran 1 miliar euro,” kata Gruenberg dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di televisi.

“Ini adalah investasi di seluruh rangkaian model di Volkswagen Slovakia,” tambah dia.

Rencana tersebut tidak akan menambah kapasitas produksi secara keseluruhan di pabrik yang tahun lalu memproduksi 377.750 unit mobil itu. Pabrik, yang sebagian besar memproduksi model kelas atas seperti Audi Q7 dan Porsche Cayenne, mengekspor lebih dari 99 persen produksinya.

Baca juga: VW investasi 73 miliar euro untuk mobilitas digital

Baca juga: Hyundai gabung BMW VW buat jaringan pengisian daya mobil listrik

Baca juga: VW kenalkan parkir otomatis via smartphone di SUV Touareg

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020

Baca:  BMW Z4 dan Toyota Supra ditarik karena masalah tangki bahan bakar