Touring kemerdekaan di jalur “off road” Hambalang pakai Yamaha WR 155R

Touring kemerdekaan di jalur "off road" Hambalang pakai Yamaha WR 155R
Jakarta (ANTARA) – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), memanfaatkan momentum HUT ke-75 RI dengan menggelar touring Yamaha WR 155R, sekaligus menikmati suasana alam Indonesia.

Touring Advnture Fun ini diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan, peserta terbatas, penggunaan masker dan hand sanitizer. Sebelum berangkat menuju Hambalang Hills, Sentul, Jawa Barat, peserta dan jajaran PT YIMM menggelar upacara kemerdekaan HUT Ke-75 RI terlebih dahulu.

“Selamat menikmati perjalan dengan menggunakan motor off-road kami dan jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” ungkap Deputi Director Marketing Yamaha Indonesia, Takeyama Hiroshi dalam sambutannya di Jakarta, Senin (17/8).

Baca juga: Pentingnya edukasi untuk pehobi motor “off-road”

Baca juga: Yamaha gelar kompetisi YGEC Mobile Legends

ANTARA menjajal WR 155R pada touring itu secara kombinasi, yakni melintasi on road dan off road. Perjalanan menuju Sentul, Jawa Barat memakan waktu kurang lebih satu jam.

Perjalanan untuk medan on road guna membuktikan bahwa kendaraan trail itu juga cukup lincah untuk bermanuver di jalanan beraspal.

Namun, kelincahan yang sebenarnya terasa ketika motor yang mengusung tema “The Real Adventure Partner” itu tiba di habitat aslinya, yakni di Hambalang Hills, Jawa Barat dengan medan off road-nya.

“Sebenarnya kami sudah memiliki rencana untuk acara ini dari bulan-bulan sebelumnya, karena adanya pandemi maka baru kali ini kita bisa adakan dan juga dengan protokol kesehatan yang lengkap,” kata Manager Public Relation PT YIMM, Anton Widiantoro di sela-sela aktivitas touring.

Baca juga: Jelang 17 Agustus, Yamaha buat program khusus untuk PNS

Baca juga: Yamaha umumkan model terbaru dari Yamaha YZ250F 2021 dan YZ450F 2020

 

Para peserta menguji ketangguhan Yamaha WR 155R (ANTARA/Istimewa)

Pesaing Honda CRF dan juga Kawasaki KLX itu dijejali mesin 155cc, Liquid cooled, 4 langkah dengan teknologi VVA yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,3 KW/ 10.000 rpm dan torsi sebesar 14,3 Nm/ 6.500 rpm.

Baca:  Mitsubishi nilai pajak mobil 0% bisa bantu pasar otomotif

Dengan performa itu, Yamaha WR 155R terasa andal dan lincah saat menembus jalur berbatuan dan tanah.

Selain itu, suspensi kendaraan teleskopik dengan diameter 41 mm pada bagian depan, sangat terasa performanya saat melintasi kontur jalan off road. Sedangkan suspensi belakang model Link Monocross bisa disesuaikan untuk kenyamanan pengguna.

Perjalanan off road ditempuh sejauh 22 km dengan melewati berbagai medan, dari tanah biasa, jalur berlumpur hingga medan bebatuan yang membuat para pengendara tertantang.

Hasilnya, motor yang menggunakan ban berjenis dual purpose itu bisa diandalkan untuk melewati berbagai jenis jalan di Hambalang Hils dan juga medan on road dari Jakarta menuju Sentul, Jawa Barat.

Motor itu dilengkapi speedometer LCD multifungsi dan hazard lamp jika pengendara dalam kondisi darurat.

Rem cakram ganda bergelombang (wavy double disc brake) mengoptimalkan fungsi pengereman di setiap medan dan, sangat berguna jika pengendara melintasi jalur menurun yang curam.

Hal lain yang mengesankan adalah penggunaan bahan bakar yang cukup irit, yakni 2,9 liter/100 km, berdasarkan angka pada speedometer.

Saat ini, Yamaha WR 155R tersedia dalam dua warna yaitu Yamaha Blue dan Yamaha Black, dipasarkan seharga Rp36,9 juta khusus untuk booking online OTR Jakarta.

Baca juga: Daftar motor baru harga di bawah Rp20 juta

Baca juga: Yamaha umumkan juara NMAX Jingle Competition pilihan Yovie Widianto

Baca juga: NGK hadir dengan invoasi baru bagi Yamaha X-MAX dan Honda Vorza

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020