Supir asyik nonton film, Tesla mode “autopilot” tabrak mobil polisi

Supir asyik nonton film, Tesla mode "autopilot" tabrak mobil polisi

Jakarta (ANTARA) – Sebuah sedan listrik Tesla pada Sabtu (29/8) menabrak mobil patroli polisi di North Carolina, AS, saat pengemudi sedang menonton film di ponselnya dan mobil itu berjalan dalam mode "autopilot".

Polisi mengatakan sedan Tesla itu dikemudikan oleh Devainder Goli, yang merupakan seorang dokter, seperti dilansir Sky News, Minggu.

Tesla sebelumnya sempat bertabrakan dengan mobil lain, lalu bertabrakan dengan mobil polisi di pinggir jalan. Akibatnya, dua orang polisi yang sedang berpatroli tertabrak mobil hingga jatuh ke tanah.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam insiden tersebut.

Goli, yang berasal dari Raleigh, North Carolina, didakwa melanggar undang-undang lalu lintas karena mengoperasikan mobil sambil menonton sesuatu di telepon seluler.

Tesla mengatakan bahwa fitur autopilot tidak memberikan kendali penuh kepada komputer, tetapi hanya sebagai "bantuan pengemudi saat melewati situasi lalu lintas yang sulit".

Fitur autopilot Tesla "memungkinkan mobil Anda untuk mengemudi, berakselerasi, dan mengerem secara otomatis di jalurnya", tetapi "memerlukan pengawasan pengemudi yang aktif" karena ini bukan mobil otonom.

Ketua Tesla Elon Musk mengatakan bahwa Tesla masih mengembangkan fitur otonom yang diharapkan akan selesai pada akhir tahun ini.

Baca juga: Elon Musk mengungkap pabrik Tesla Nevada jadi sasaran serangan dunia maya

Baca juga: Tesla model Y sudah bisa dipesan di China mulai Rp1,04 miliar

Baca juga: Tesla membuat sensor pelacak untuk anak-anak yang tertinggal di dalam mobil "terlalu panas"

Reporter: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © 2020

Baca:  Mitsubishi dukung pemerintah soal usulan pajak 0 persen mobil baru