Pertamina dorong penggunaan BBM berkualitas demi turunkan polusi

Pertamina dorong penggunaan BBM berkualitas demi turunkan polusi

Jakarta (ANTARA) – PT Pertamina (Persero) mengajak masyarakat untuk menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) berkualitas untuk kendaraan bermotornya, seperti Serix Pertamax dan Seri Dex.

Menurut Manajer Unit Hubungan Komunikasi & CSR MOR III Eko Kristiawan dalam diskusi virtual di Forum Jurnalis Otomotif (FORWOT), di Jakarta, Jumat, hal ini diharapkan dapat mengurangi emisi gas buang kendaraan dan polusi udara.

“Karena itu, masyarakat yang menggunakan bahan bakar berkualitas tidak hanya bisa menjaga mesin kendaraan, tapi juga menjaga kualitas udara agar lebih bersih,” kata Eko.

Lebih lanjut dikatakan Eko, bahan bakar yang berkualitas memiliki formula aditif khusus yaitu anti karat untuk mencegah karat, dan sejenis deterjen untuk membersihkan endapan di ruang bakar sehingga dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna, dan pengemulsi agar bahan bakar tidak terkontaminasi air. .

Dengan aditif ini, produk bensin dengan angka oktan di atas 90 dapat menghasilkan pembakaran sempurna, sehingga emisi gas buang lebih sedikit.

Eco menambahkan, udara bersih saat ini menjadi salah satu pertimbangan Pertamina, karena memiliki nilai udara bersih akan meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama jika terjadi wabah.

Merenungkan Tahap 1 Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) pada awal tahun 2020, dimana berdasarkan studi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Konsentrasi Partikel Maksimum (PM) 2,5 turun sebesar 0,02 persen – 35,07 persen di 5 Stasiun Pengawasan Kualitas Udara (SPKU) . Selama PSBB, semua SPKU juga telah memenuhi Standar Kualitas Harian (<65ug / m3).

Beberapa varian produk BBM Pertamina yang bisa digunakan sesuai dengan tipe dan spesifikasi kendaraannya. Untuk kendaraan yang menggunakan bensin bisa menggunakan bahan bakar Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), atau Pertamax Turbo (RON (98)).

Baca:  Toyota All New Yaris GR mulai dijual, begini tampilannya

Sedangkan untuk kendaraan diesel tersedia varian produk Dexlite dan Pertamina Dex.

“Saat ini dimana sebagian masyarakat menggunakan kendaraannya, kami mengajak masyarakat untuk menjaga kualitas udara dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas,” kata Eko.

Dengan penggunaan bahan bakar rendah emisi, kata Eko, masyarakat turut andil dalam menciptakan udara bersih, lingkungan yang asri, sehat dan baik bagi keluarga.

Baca juga: Inilah saatnya meninggalkan bahan bakar RON rendah

Baca juga: Komunitas Otomotif, Harga BBM Pertamina Lebih Murah dan Berkualitas

Baca juga: YLKI: Pemerintah harus mengamanatkan penggunaan bahan bakar berkualitas

Reporter: A087
Editor: Suryanto
Hak Cipta © 2020