Pasar mobil bekas mulai pulih

Riset OLX Autos: Pasar mobil bekas mulai pulih

Jakarta (ANTARA) – Platform jual beli mobil online OLX Autos merilis hasil survei bertajuk "Sentiment Monitoring Study" yang menunjukkan bahwa tren pasar mobil bekas menunjukkan situasi membaik selama pandemi COVID-19.

Hal ini terlihat dari temuan bahwa selama tiga bulan setelah diberlakukannya Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB), terjadi peningkatan penjualan dan pembelian di segmen mobil bekas.

Baca juga: Pasar mobil bekas diperkirakan pulih dalam tiga bulan ke depan

Baca juga: Apa peran dealer di pasar online dan daftar mobil?

“Survei kami menemukan, permintaan mobil bekas meningkat 15 persen – 20 persen sejak pelonggaran PSBB. Peningkatan ini didorong oleh meningkatnya minat masyarakat dalam menggunakan mobil pribadi,” kata Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia dalam siaran persnya, Jumat (16/10). ).

"Selain itu, pelan-pelan, sekarang ruang pamer “Terbuka untuk memberi lebih banyak pilihan bagi masyarakat yang ingin membeli mobil,” ujarnya.

Faktor yang melatarbelakangi kenaikan mobil bekas adalah, pertama, saat ini 62 persen ruang pamer beroperasi dibandingkan periode PSBB yang hanya 32 persen.

Secara bertahap aktivitas ini biasanya mengarah pada peningkatan pembelian. Dari hasil survei tersebut, rata-rata kurs beli dan jual meningkat 50 persen pada Agustus 2020 dibandingkan awal pandemi, dari 1,4 menjadi 2,1.

Selain itu, rata-rata item tersedia (persediaan) di ruang pamer turun 35 persen menjadi 4,2 (dari sebelumnya 6,5) pada Agustus 2020. Hal ini menunjukkan minat masyarakat untuk membeli mobil bekas.

Temuan lain juga menyebutkan, 52 persen responden memiliki keinginan untuk membeli mobil dibandingkan periode awal pandemi yang hanya mencapai 22 persen, dan 43 persen konsumen saat ini memilih menggunakan mobil pribadi, dibandingkan dengan 33 persen pada awal pandemi.

Baca:  Ford "recall" Edge, F-150, dan Lincoln MKX karena masalah selang rem

“Dengan dua faktor tersebut, kita bisa melihat bahwa ada peluang pasar mobil bekas pulih dari situasi ini dan pelanggan juga bisa #LAKUins sekarang mobil yang akan mereka jual. Autos OLX yakin pasar mobil bekas akan pulih dan kembali normal seperti sebelum wabah ini, "kata Johnny Widodo.

Selain peningkatan pasar, industri mobil bekas juga menghadapi tantangan akibat wabah tersebut. Pembiayaan terbatas merupakan tantangan yang dihadapi oleh sebagian besar nasabah.

58 persen responden merasakan kendala ini, sedangkan 46 persen responden lainnya mengurangi dana (anggaran) sebanyak 5 persen dari apa yang mereka miliki untuk membeli mobil. Di sisi lain, penjual tidak mau menurunkan harga mobil bekas.

Data OLX Autos juga menunjukkan bahwa ada sejumlah inovasi yang diberikan merchant untuk memenuhi kebutuhan pelanggan saat ini, termasuk janji temu pribadi melalui virtual untuk memberikan pengalaman yang realistis tanpa harus bertemu.

Pelanggan juga bisa uji jalan langsung di rumah tanpa perlu ruang pamer, dan "perjalanan pembelian" tanpa kontak fisik dari awal sampai proses pembelian selesai.

Baca juga: Seva id buka layanan inspeksi mobil bekas lewat video call

Baca juga: Autos OLX akan membuka 10 dealer resmi mobil bekas di Jabodetabek

Baca juga: Pasar mobil bekas diprediksi pulih dalam tiga bulan ke depan

Reporter: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © 2020