Osamu Masuko ciptakan hubungan solid perusahaan dan mitra

Mitsubishi: Osamu Masuko ciptakan hubungan solid perusahaan dan mitra

Jakarta (ANTARA) – Osamu Masuko, mantan kepala Mitsubishi Motors Corp (MMC) yang meninggal di usia 71 tahun merupakan sosok yang berkomunikasi dengan baik dan dapat menjaga hubungan dekat dengan mitra dan manajemen perusahaan.

"Dia (Masuko) membangun hubungan dekat dengan mitra dan manajemen, perusahaan aliansi dan Mitsubishi Group berkat komunikasi yang baik melalui kepribadian dan hubungannya yang luas," kata perusahaan itu.

Perusahaan mengumumkan hari Senin bahwa Masuko meninggal pada 27 Agustus karena gagal jantung.

Takao Kato wakil pejabat eksekutif, kepala eksekutif, MMC berkata, "Kepada mantan pemimpin kami yang telah meninggal, Masuko, kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus atas kemurahan hati yang dia dan MMC terima."

Baca juga: Osamu Masuko Mitsubishi telah meninggal pada usia 71 tahun

Baca juga: Bos Mitsubishi Osamu Masuko mengundurkan diri karena alasan kesehatan

Masuko menjadi presiden MMC pada tahun 2005 dan dia membantu mengawasi Mitsubishi sekaligus menjadi bagian dari aliansi global terbesar dengan Nissan dan Renault.

Pada 2016, Masuko menandatangani perjanjian dengan CEO Nissan Carlos Ghosn untuk membawa Mitsubishi ke dalam koalisi setelah Nissan membeli 34 persen saham Mitsubishi.

Tetapi pada tahun 2018 Carlos Ghosn menemukan skandal keuangan di Jepang yang menyebabkan Masuko mengutuk masalah tersebut. Setelah skandal tersebut, pakta tersebut menghadapi kesulitan keuangan karena penurunan penjualan dan dampak dari kebijakan agresif Ghosn.

Ketiga perusahaan itu juga bersiap menghadapi penurunan persaingan operasional akibat COVID-19 tahun ini.

Mengundurkan diri

Osamu Masuko pada awal Agustus 2020 mengundurkan diri dari jabatannya Ketua Dewan Direksi dan perwakilan pejabat eksekutif di MMC dengan alasan kesehatan.

Takao Kato, yang sekarang menjadi anggota dewan dan perwakilan eksekutif, pada saat yang bersamaan Pejabat tertinggi Eksklusif MMC, untuk sementara akan menjalankan tugasnya sebagai ketua.

Baca:  Aa Gym lelang motor turing kesayangannya

Masuko yang lahir pada tanggal 19 Februari 1949 merupakan lulusan Fakultas Ilmu Politik dan Ekonomi Universitas Waseda pada tahun 1972. Pada tahun yang sama ia mulai bekerja di Mitsubishi Corporation.

Osamu Masuko diangkat sebagai presiden MMC pada tahun 2005. Selama masa jabatannya sebagai presiden dan CEO, Masuko memimpin perusahaan di berbagai bidang, termasuk pengenalan kendaraan ramah lingkungan EV dan PHEV, serta memperluas produksi dan penjualan di kawasan ASEAN.

Baca juga: Inilah alasan Mitsubishi berinvestasi di Gojek

Baca juga: 100 tahun Mitsubishi, dari Model A hingga e-Evolution

Baca juga: Mitsubishi pimpin perkembangan mobil listrik di Indonesia

Reporter: A069
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © 2020