Mandiri Syariah & MUF perluas layanan pembiayaan otomotif syariah

Mandiri Syariah & MUF perluas layanan pembiayaan otomotif syariah

Jakarta (ANTARA) – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) dan Mandiri Utama Finance (MUF) bersinergi memperluas layanan pembiayaan otomotif atau kepemilikan kendaraan skema syariah.

Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian pembiayaan bersama pembiayaan bersama, optimasi basis pelanggan, dan pengembangan jaringan pemasaran MUF. Jenis kendaraan yang dibiayai juga semakin beragam yaitu mobil baru, mobil bekas, dan motor baru.

“Penandatanganan ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antar anak perusahaan Bank Mandiri dalam memperluas penetrasi pasar pembiayaan syariah. Kerja sama ini juga diyakini dapat mendukung pertumbuhan bisnis kedua belah pihak dengan memanfaatkan kompetensi inti setiap perusahaan, ”kata Direktur Keuangan, Strategi & Perbendaharaan Syariah Mandiri Ade Cahyo Nugroho dalam siaran persnya, Senin malam.

"Setiap perusahaan punya kompetensi inti. Hingga Juni 2020 Mandiri Syariah memiliki kekuatan DPK yang sangat baik, terutama tabungan yang mencapai Rp 42,52 triliun atau meningkat 17,04 persen YoY (year-on-year), ”ujar Ade Cahyo.

Ade Cahyo menambahkan, secara dini Mandiri Syariah siap menyalurkan pembiayaan kepada MUF sebesar Rp 500 miliar untuk mendukung penyediaan infrastruktur TI, jaringan distribusi yang luas di seluruh Indonesia, dan likuiditas yang kuat untuk memastikan pengembangan pembiayaan yang lebih luas.

Direktur MUF Rita Mustika menambahkan, “Dengan jaringan MUF yang luas, dan bekerjasama dengan Mandiri Syariah, akan memudahkan nasabah untuk memiliki kendaraan dengan prinsip syariah. ""

Saat ini, MUF memiliki jaringan 109 kantor di seluruh Indonesia, termasuk kantor cabang Aceh Kantor Cabang dengan izin dari Unit Syariah (CUS) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengikuti Qanun Aceh No. 11 Tahun 2018 yang menerapkan prinsip syariah dalam semua transaksi keuangan. MUF juga memiliki jaringan 22 Kantor Cabang Unit Syariah di seluruh Indonesia.

Baca:  Porsche luncurkan Panamera Turbo E-Hybrid bermesin Biturbo

Rita menambahkan kompetensi inti yang dimiliki MUF akan memperkuat sinergi dengan BSM. MUF memiliki varian produk yang lengkap dan didukung jaringan 6.978 dealer distributor dan rekanan screening di seluruh Indonesia.

MUF saat ini mengelola aset sebesar Rp 11,5 triliun hingga akhir Agustus 2020

Melalui kerjasama Mandiri Syariah dan MUF, efisiensi masing-masing perusahaan dapat berjalan lebih optimal baik dari segi biaya, sumber daya, dan proses pembiayaan. Selain itu, kualitas pembiayaan bisa lebih terjaga karena didukung pelanggan yang memenuhi syarat dari masing-masing perusahaan.

Sedangkan bagi konsumen, manfaat langsung yang bisa dirasakan adalah bertambahnya pemilihan produk yang bersaing di pasar syariah. Pelanggan juga lebih mudah melakukan pembayaran angsuran karena bisa dilakukan di saluran pembayaran kedua perusahaan.

“Yang tidak penting dari sinergi ini adalah untuk meningkatkan peran bank syariah dalam meningkatkan literasi keuangan syariah sesuai amanat Pemerintah Republik Indonesia sehingga berdampak pada perekonomian nasional,” pungkas Ade Cahyo.

Baca juga: Penjualan mobil Honda meningkat berkat dukungan program pembiayaan

Baca juga: MTF Siap Layani Pembiayaan Mobil Listrik

Baca juga: Sewa Kencang, Dealer Mobil Bekas Sulit Mendapat Konsumen

Reporter: A069
Editor: Ida Nurcahyani
Hak Cipta © 2020