Lima kendaraan Harley-Davidson yang tak Anda ketahui sebelumnya

Lima kendaraan Harley-Davidson yang tak Anda ketahui sebelumnya

Jakarta (ANTARA) – Harley-Davidson memang terkenal sebagai salah satu produsen sepeda motor besar (moge) asal Amerika Serikat, namun ternyata perusahaan tersebut awalnya tidak memproduksi sepeda motor seperti yang Anda kira, kecuali kendaraan unik yang tidak pernah Anda duga.

Kemampuan untuk beradaptasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan selama lebih dari satu abad merupakan inti dari model bisnis Harley-Davidson. Berikut lima kendaraan rakitan Harley-Davidson yang mungkin belum banyak diketahui penggemar.

1. Prediksi

Sepeda roda tiga pertama yang diproduksi oleh Harley-Davidson adalah Forecar, yang digunakan untuk pengiriman komersial. Hanya bertahan selama tiga tahun, diproduksi antara 1913 dan 1915 dan hanya ditawarkan dalam satu model.

Forecar menggunakan penggerak rantai kembar-silinder Harley-DavidsonĀ® standar dengan garpu depan dan roda depan tempat kotak transmisi dipasang di roda kemudi. Forecar memiliki kapasitas muat 600 pound (272 kg) dan digunakan untuk mengirim segala sesuatu mulai dari surat ke toko bahan makanan.

Baca juga: Triumph Buka Pesanan Tiger 900

Baca juga: Mantan Bos Puma Jadi CEO Harley Davidson

Harley-Davidson Forecar, kendaraan pertama yang diproduksi oleh Harley-Davidson untuk keperluan pengiriman. (ANTARA / Harley-Davidson)

2. Mesin pemotong rumput Worthington hijau

Pada tahun 1929 Harley-Davidson mulai memasok mesin katup sisi silinder tunggal ke mesin pemotong Worthington untuk memindahkan mesin pemotong Overgreen. Charles Campbell Worthington menemukan mesin pemotong rumput komersial besar untuk memotong rumput di lapangan golf profesional yang hanya muncul setelah pelatihan sebelumnya menggunakan domba.

Mesin pemotong rumput Worthington menggunakan mesin Harley-Davidson. (ANTARA / Harley-Davidson)

3. Utilicar

Berdasarkan kesuksesan Golf Car Model D, pada tahun 1965 Harley-Davidson memulai debutnya dengan Utilicar untuk model tahun 1966. Dua model diproduksi, versi listrik untuk penggunaan pabrik dan versi bensin untuk penggunaan luar.

Utilicar, sepeda roda tiga buatan Harley-Davidson. (ANTARA / Harley-Davidson)

Utilicar memiliki kapasitas muat 750 pound (340 kg) dan versi bensin dapat mencapai hingga 32 mil per jam (sekitar 51 km per jam). Lima kombinasi kargo yang berbeda juga tersedia: flatbed, kotak kargo baja, kotak tiang, kotak kargo tiang dan pengangkut personel. Itu juga dapat dipesan dengan penutup kabin fiberglass opsional.

Baca:  Dua motor terbaru Honda CBR250RR siap mengaspal

Baca juga: Harley-Davidson Hadirkan Model 2020 ke Indonesia

Baca juga: Hemat Uang Saat Mahkota, Harley Davidson Pangkas Gaji Atasan dan Karyawan

4. Mesin Roket Drone LR-64

Dimulai pada pertengahan 1960-an, AMF menandatangani kontrak untuk memproduksi mesin roket kecil untuk militer AS. Kontrak berlanjut sepanjang era merger AMF Harley-Davidson (1969-1981) dan seterusnya.

Drone LR-64, drone target yang menggunakan mesin jet Harley-Davidson. (ANTARA / Harley-Davidson)

Harley-Davidson telah memproduksi mesin LR-64 kecil selama hampir 30 tahun. Tujuan dari mesin ini adalah untuk mendorong drone target AQM-37A Supersonic untuk militer AS. Drone digunakan untuk mensimulasikan serangan rudal balistik antarbenua dari penjajah asing dalam pelatihan jet tempur.

5. Kapal Tomahawk

Perusahaan Pembuatan Kapal Tomahawk di Tomahawk, Wisconsin dibeli oleh Harley-Davidson pada tahun 1961. Harley-Davidson terus memproduksi kapal Tomahawk hingga tahun 1965.

Sepeda motor Harley-Davidson Tomahawk setelah mengakuisisi Tomahawk. (ANTARA / Harley-Davidson)

Namun, perusahaan semakin membutuhkan kapabilitas manufaktur fiberglass untuk memasok kereta golf, mobil servis dan badan gerobak dorong, serta pameran sepeda motor dan tas pelana.

Untuk kapal, beberapa panjang dan versi berbeda diproduksi mulai dari pancing sepanjang 11 kaki hingga yacht 18 kaki. Konfigurasi mesin di dalam kapal dan kapal luar ada juga

Baca juga: Harley Davidson melaporkan penurunan permintaan selama wabah

Baca juga: BMW R18 Classic Tourer menggunakan mesin "Big Boxer" baru

Baca juga: Harley-Davidson akan memangkas 140 pekerja di AS.

Reporter: S026
Editor: Ida Nurcahyani
Hak Cipta Ā© 2020