Korlantas POLRI buat silabus keselamatan berkendara untuk siswa

Korlantas POLRI buat silabus keselamatan berkendara untuk siswa

Jakarta (ANTARA) – Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas POLRI) menyatakan bahwa keselamatan berkendara di jalan raya harus diperkenalkan terlebih dahulu, salah satunya dengan memberikan silabus keselamatan berkendara bagi siswa.

Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas POLRI, Kombes Pol. Arman Achdiat, SIK, melalui diskusi media, Senin, mengatakan saat ini pihaknya telah membuat silabus untuk diberikan kepada siswa di berbagai jenjang, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama.

“Di bidang pendidikan, kami membuat silabus PAUD untuk SMA yang akan dipresentasikan kepada anak-anak kami yang masih menempuh pendidikan. Inisiatif ini sudah dibahas dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Arman.

Baca juga: Berkendara dengan aman dengan teknik pengereman yang tepat

Baca juga: Lakukan perjalanan aman ini sebelum melakukan perjalanan jauh

Selain dalam bentuk modul atau buku, Arman menambahkan, pihaknya juga membuat produk layanan masyarakat lainnya berupa video pendek hingga film pendek.

“Ada film atau semacam pengabdian masyarakat yang memberikan daya tarik bagi mereka yang mungkin malas mendengarkan webinar dan sejenisnya,” tambahnya.

Saat ditanya tentang pentingnya memperhatikan keselamatan berkendara, Arman mengatakan Korps Polri telah mencanangkan sejumlah rencana untuk meningkatkan kesadaran tersebut kepada masyarakat luas.

Hal ini untuk meningkatkan kualitas keselamatan, berkomitmen mengurangi korban kecelakaan, dan mengembangkan budaya lalu lintas yang tertib.

Namun, kata Arman, untuk meningkatkan kesadaran tersebut diperlukan kerja sama antara beberapa pihak, seperti instansi, hingga masyarakat.

“Untuk daya tarik dan jangkauan masyarakat, kami tidak mungkin bisa menjelaskan secara detail. Kami berterima kasih kepada masyarakat (dan pelamar angkutan online) dalam hal empati masyarakat, khususnya pengguna jalan raya,” kata Arman.

“Komitmen ini kita pegang bersama. Bukan hanya dari satu pihak, tapi juga semua, karena ini tanggung jawab kita bersama,” sambungnya.

Baca:  Ford kenalkan bos baru pengganti Jim Hackett

Baca juga: Kecelakaan lalu lintas karena perilaku pengemudi, bukan keterampilan

Baca juga: HDCI siap bermitra dengan Forwot dalam kampanye keselamatan berkendara

Baca juga: Begitulah cara komunitas Vespa mengkampanyekan keselamatan berkendara

Reporter: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Hak Cipta © 2020