DAMRI lengkapi armada dengan pembersih virus Ion Plasmacluster

DAMRI lengkapi armada dengan pembersih virus Ion Plasmacluster
Jakarta (ANTARA) – Perusahaan bus DAMRI mulai melengkapi armadanya dengan pembersih virus Ion Plasmacluster sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Menurut keterangan yang diterima ANTARA, Jumat, alat Ion Plasmacluster ini baru dipasang di satu unit bus guna menghadirkan Bus Sehat yang aman dan nyaman.

“Ke depannya, DAMRI akan terus menghadirkan Ion Plasmacluster pada seluruh armada di seluruh Indonesia,” kata Direktur Utama DAMRI, Setia N. Milatia Moemin.

Sebagai informasi, Ion Plasmacluster adalah alat untuk membersihkan udara. Pelepasan plasma digunakan untuk membuat dan melepaskan ke udara ion positif dan negatif yang sama seperti yang terjadi di alam.

Hanya ketika ion-ion tersebut bersentuhan dengan permukaan spora jamur, bakteri atau virus barulah mereka berubah menjadi radikal OH dengan sifat oksidasi yang sangat kuat.

 

Bus DAMRI yang dilengkapi dengan pembersih virus Ion Plasmacluster. (ANTARA/HO)

Radikal OH langsung mencuri hidrogen (H) dari protein pada permukaan bakteri, menghancurkan protein. Penggabungan radikal OH dengan hidrogen (H) menghasilkan air (H2O), yang kembali ke udara.

Setia pun menjamin kualitas udara segar terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih.

“Hal ini merupakan bagian dari kesungguhan DAMRI dalam memastikan kesehatan karyawan serta penumpang, dan aspek keselamatan dan keamanan perjalanan,” kata dia.

Lebih lanjut, Setia mengatakan pihaknya sudah melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan dan penanganan COVID-19 ke seluruh pelanggan, petugas lapangan, serta seluruh karyawan di lingkungan Kantor Pusat maupun kantor cabang di seluruh Indonesia.

Selain melakukan pemasangan Ion Plasmacluster di dalam bus, DAMRI juga menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer), penyemprotan desinfektan di dalam armada bus, serta pembersihan area yang sering disentuh oleh pelanggan seperti handgrip (pegangan bus), gagang pintu dan kursi.

Baca:  Berapa konsumsi BBM Suzuki New Ignis?

Setia dan manajemen DAMRI berharap pelanggan bisa tetap menikmati layanan Bus Sehat DAMRI dengan aman, nyaman dan tetap mengimbau pelanggan menjaga kebersihan dan kesehatan agar tidak mudah terpapar virus.

“DAMRI berkomitmen tidak akan berhenti untuk membantu Pemerintah dalam penanganan pencegahan COVID-19 ini, serta terus mengembangkan dan memberikan layanan yang mengutamakan aspek keamanan, keselamatan, kesehatan dan kebersihan,” kata Setia.

Baca juga: Alasan jangan tinggalkan hand sanitizer dalam mobil

Baca juga: Wurth perkenalkan Seri Perawatan Otomotif

Baca juga: Kereta-Stasiun KRL sediakan 700 botol pembersih tangan cegah Corona

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020